INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN KRISTEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP SPIRITUALITAS MAHASISWA TEOLOGI

Authors

  • Sarna Jaya Tombeu Sekolah Tinggi Teologi Anderson Manado Author
  • Melly Vidia Wati Padjalo Sekolah Tinggi Teologi Anderson Manado Author

DOI:

https://doi.org/10.71304/zfk5ah92

Keywords:

Teknologi Digital, spiritualitas mahasiswa, e-learning, teologi, Pendidikan Kristen

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah sistem pendidikan, termasuk pendidikan teologi. Penggunaan e-learning, media sosial, aplikasi Alkitab, dan Learning Management Systems (LMS) semakin meningkat dalam mendukung pembelajaran teologi dan pengembangan spiritual mahasiswa. Studi ini meneliti bagaimana integrasi teknologi digital dalam pendidikan Kristen memengaruhi spiritualitas mahasiswa teologi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi terhadap mahasiswa teologi yang aktif menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan akses terhadap materi teologi, memperdalam pemahaman Alkitab, serta memperkuat keterlibatan dalam komunitas iman secara daring. Namun, ditemukan juga tantangan seperti distraksi digital, penyebaran informasi yang kurang valid, serta potensi penurunan interaksi sosial langsung dalam komunitas gerejawi. Studi ini merekomendasikan pendekatan seimbang dalam penggunaan teknologi digital agar dapat memaksimalkan manfaatnya tanpa mengurangi nilai-nilai spiritual yang mendasar dalam pendidikan teologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN KRISTEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP SPIRITUALITAS MAHASISWA TEOLOGI. (2025). ORTHOTOMEO : Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(1, April), 31-51. https://doi.org/10.71304/zfk5ah92

Similar Articles

1-10 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.