INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN KRISTEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP SPIRITUALITAS MAHASISWA TEOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.71304/zfk5ah92Keywords:
Teknologi Digital, spiritualitas mahasiswa, e-learning, teologi, Pendidikan KristenAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah sistem pendidikan, termasuk pendidikan teologi. Penggunaan e-learning, media sosial, aplikasi Alkitab, dan Learning Management Systems (LMS) semakin meningkat dalam mendukung pembelajaran teologi dan pengembangan spiritual mahasiswa. Studi ini meneliti bagaimana integrasi teknologi digital dalam pendidikan Kristen memengaruhi spiritualitas mahasiswa teologi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi terhadap mahasiswa teologi yang aktif menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan akses terhadap materi teologi, memperdalam pemahaman Alkitab, serta memperkuat keterlibatan dalam komunitas iman secara daring. Namun, ditemukan juga tantangan seperti distraksi digital, penyebaran informasi yang kurang valid, serta potensi penurunan interaksi sosial langsung dalam komunitas gerejawi. Studi ini merekomendasikan pendekatan seimbang dalam penggunaan teknologi digital agar dapat memaksimalkan manfaatnya tanpa mengurangi nilai-nilai spiritual yang mendasar dalam pendidikan teologi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarna Tombeu, Melly (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.