IMPLEMENTASI PERJANJIAN BARU DALAM PENDIDIKAN KRISTEN

Authors

  • Chaerind Valencia Sekolah Tinggi Teologi Anderson Manado Author

DOI:

https://doi.org/10.71304/5ewthy13

Keywords:

Implementasi pendidikan Kristen, Perjanjian Baru, Pendidikan Agama Kristen, Teologi Pendidikan, Amanat Agung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pola pendidikan pada masa Perjanjian Baru. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya indeks prestasi pendidikan di Indonesia dibandingkan negara lain, yang juga mencakup pendidikan berbasis agama. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, dengan mengumpulkan data dari buku, jurnal, dan temuan penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pendidikan Kristen (PAK) dalam Perjanjian Baru sama dengan apa yang diajarkan dalam Perjanjian Lama, di mana semua komponen dapat bekerja sama. Sistem pendidikan di Perjanjian Baru meliputi pendidikan formal dan informal, dengan peran orang tua, murid, dan guru. Implikasinya, peran pendidik agama Kristen saat ini bukan hanya memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai Alkitab, tetapi juga menjadi teladan bagi murid-murid mereka, sebagaimana Yesus menjadi teladan bagi para murid-Nya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pendidikan Kristen dalam Perjanjian Baru dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pendidikan Kristen yang sesuai dengan teladan Yesus Kristus.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-18

How to Cite

IMPLEMENTASI PERJANJIAN BARU DALAM PENDIDIKAN KRISTEN. (2025). ORTHOTOMEO : Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(1), 32-40. https://doi.org/10.71304/5ewthy13

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.